Ring-spun Cotton Itu Apa Sih?

Ring-spun Cotton Itu Apa Sih?

Untuk pengusaha kaos, penting sekali untuk mengetahui jenis-jenis bahan kaos. Banyaknya bahan kaos yang beraneka ragam, maka dari itu penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari bahan-bahan kaos tersebut. Dengan demikian kita bisa lebih memilih dan memilah kualitas dari bahan kaos yang akan digunakan. Memahami perbedaan dalam kain katun yang akan digunakan untuk pembuatan kaos adalah titik awal yang baik jika ingin menjalankan usaha kaos.

Ada banyak jenis katun dalam pembuatan kaos. Dan jenis katun tersebut bisa dibedakan berdasarkan asalnya. Katun mesir berasal di Sungai Nil Delta dan ditunjukkan untuk sebuah kemewahan dan daya tahan. Katun pima berasal dari Peru dan bagian barat daya Amerika Serikat, katun ini dianggap oleh banyak orang sebagai alternatif pembanding dengan kekuatan dan kemewahan yang tumbuh di Mesir. Namun, katun pima sedikit lebih pendek daripada katun Mesir. Nah, itulah perbedaan jenis katun berdasarkan aslanya.

Setelah mengenal jenis katun berdasarkan asalnya, maka ada yang namanya Ring-spun cotton. Apa itu ring-spun? Arti dari ring-spun adalah benang yang dihasilkan oleh sebuah mesin pintal konvensional dimana fiber diputar dan dipilin sampai terbentuk sebuah benang. Jenis risng-spun adalah jenis katun yang halus dan kuat. Karena ring-psun sudah melalui proses pemintalan yang melembutkan dan meluruskan setiap serat.

Pada dasarnya, kain katun reguler dibuat dari serat katun yang diperoleh dari bijih katun, lalu kemudian diproses menjadi serat-serat katun. Setelah itu, benang-benang dari serat katun ini diplintir bersamaan untuk membuat benang yang lebih besar, dan dipintal menjadi kain. Lalu proses yang berbeda digunakan untuk menghasilkan kain yang disebut ring-spun cotton. Pada proses pembuatan kain jenis ring-spun ini, benang dihasilkan dengan melintir secara terus-menerus dan ditekan/ ditipiskan, sehingga menghasilkan helai benang yang kuat dan berkualitas. Pada proses plintir tersebut, pembuatan benang menjadi lebih pendek namun lebih kuat, serta menghasilkan kain yang kuat serat dan yang lebih halus.

Seberapa banyak pengerjaan memutar serat dari benang, maka akan menentukan kelembutan dari benag itu. Dalam berbagai hal, akan ada yang namanya 30 singles ring-spun. In merupakan istilah yang dipakai untuk mengindikasi diameter dati benang. Jika semakin kecil angkanya, maka akan semakin tebal benangnya.

Nah, karena proses yang seperti inilah, maka ring-spun cotton menjadi jauh lebih lama dan lebih mahal, serta menghasilkan kain yang berkualitas tinggi, kuat, tahan lama dan memiliki tingkat kehalusan yang tinggi. Tidak hanya itu, harga kaos dari ring-spun ini pun akan terasa nyaman digunakan karena bahannya yang halus dan juga lembut.

Ring-spun cotton sebenarnya hampir mirip dengan cotton combed, yaitu dilihat dari sisi kelembutan dan dan kenyamanan bahan yang dihasilkan dari ring-spun cotton dan cotton combed. Namun, ring-spun cotton lebih cenderung memilki bulu yang lebih banyak. Tetapi jika kita bandingkan lagi, level yang paling bawah dalam kelas katun adalah cotton carded. Karena, permukaan hasil rajutan carded akan terasa lebih kasar, jika diraba tekstur permukaan kainnya seperti memiliki biji-bili kecil. Nah, itulah bedanya jenis ring-spun dengan jenis cotton carded walaupun keduanya memilki persamaan.

dari ulasan diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa ring-spun cotton ini memang salah satu jenis kain katun yang bisa dibilang jenis kain yang mahal karena dilihat dari tekstur serta jenis pengerjaan yang dilakukan dalam pembuatan kaos dari ring-spun ini. Prosesnya yang sangat teliti juga membuat jenis kain yang satu ini berkualitas tinggi dan nyaman dipakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.