Hal Yang Perlu Diketahui Seputar Sablon

Hal Yang Perlu Diketahui Seputar Sablon

Sablon secara umum adalah sebuah screen printing. Apa itu yang dimaksud dengan screen printing? Screen printing adalah salah satu teknik membuat gambar atau tulisan dengan mencetak dengan alat bukan mesin. Sablon sendiri bisa diartikan sebagai kegiatan cetak-mencetak grafis dengan menggunakan kain gasa pada suatu bidang sasaran cetak sepeeti pada kaos, kertas, plat, atau media lainnya. Seiring dengan perkembangan zaman, sablon yang makin popular adalah yang menggunakan alat berupa saringan, sehingga munculah istilah cetak saring. Sehingga kegiatan cetak-mencetak sekarang jadi semakin mudah. Cetak sablon merupakan proses stensil untuk memindahkan suatu citra ke atas berbagai jenis media atau bahan cetak bisa pada kertas, kayu,metal, kaca,kain,plastik, kulit,dan lain-lain. Stensil tersebut merupakan gambar negatif dari gambar asli dimana detail-detail gambar yang di reproduksi mempunyai tingkat keterbatasan terutama dalam memproduksi detail yang lebih halus.

Apa saja alat yang diperlukan dalam melakukan proses sablon? Secara sederhana, alat-alat yang dibutuhkan dalam melakukan sablon adalah sebagai berikut:

  1. Screen (screen printing)

Alat pertama yang wajib diketahui dalam kegiatan menyablon adalah screen . Karena alat ini berguna untuk melakukan proses menyablon. Screen adalah wadah tempat kita melakukan proses pencetakan gambar, screen ini terbuat dari kain kotak-kotak kecil dengan di apit kayu/almunium.

  1. Rakel

Rakel adalah alat yang digunakan untuk menggosok tinta ke kain sehingga menghasilkan gambar yang kita inginkan menyatu atau melekat pada kain.

  1. Obat Afdruk

Obat afdruk adalah alat yang membantu kita untuk menjiplakkan gambar kedalam kain screen. Obat afdruk ini berfungsi untuk menghasilkan gambar yang sudah didesain kemudian dicetak ke kain screen dengan melalui proses penyinaran. Biasanya obat afdruk ini satu set dengan sensitizernya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal biasanya persentase pencampuran obat afdruk dengan sensitizer 90:10 persen.

  1. Tinta Sablon

Tinta sablon merupakan salah satu alat sablon yang paling penting dalam proses penyablonan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya pemilihan tinta dengan kualitas terbaik dan merek tertentu juga diperlukan.

  1. Biang Warna

Biang warna termasuk alat yang penting juga dalam proses sablon.

  1. Catalis

Catalis adalah alat yang berfungsi untuk mengeraskan hasil afdrukan. Apabila anda ingin melakukan sablon untuk beberapa kali misalnya screen akan dipakai untuk besok dan seminggu lagi. Maka catalis berfungsi untuk mengawetkan hasil afdrukan agar tidak luntur saat proses cuci screen.

  1. Kotak Penyinaran

Kotak penyinaran ini sangat penting untuk mendukung proses afdrukan yaitu proses menjiplak gambar ke kain screen dengan cara penyinaran. Untuk menghasilkan afdrukan yang baik, anda perlu melakukan eksperimen berapa lama proses penyinaran ini, biasanya 6-10 menit tergantung merek obat afdruknya.

  1. Penyemprot screen

ini hanya untuk mempermudah dalam melakukan semprotan setelah screen selesai di sinar.

  1. Meja sablon

Kegiatan menyablon nampaknya sangat mudah dan sederhana, namun ternyata dalam pengerjaanya menyablon membutuhkan kemampuan khusus untuk mendapatkan hasil yang berkualitas. Dan inilah langkah-langkah dalam proses menyablon:

  1. Pertama, membuat master cetak dengan menggunakan screen printing atau lebih dikenal screen.
  2. Setelah membuat master cetak, maka selanjutnya adalah mengekspose atau mengafdruk screen tersebut.
  3. Jika proses mengafdruk telah dilakukan, maka selanjutnya tuangkan atau menyablonkan tinta yang sesuai dengan bahan yang digunakan, seperti misalkan bahannya adalah kaos maka harus diberi tinta sablon kaos.
  4. Selanjutnya, tinta yang dituangkan di atas screen printing yang sebelumnya sudah terafdruk didorong menggunakan rakel (alat bantu untuk meratakan tinta) supaya tinta dapat tersalurkan melalui lubang kain screen yang tidak terafdruk (membentuk gambar yang diinginkan).
  5. Apabila sudah tercetak sempurna, maka screen printing tersebut dikeringkan dengan menggunakan sinar UV (Ultra Violet).

Keunggulan-keunggulan dari teknik sablon:

  1. Dapat mencetak dengan jumlah yang banyak.
  2. Hasil sablon relatif stabil.
  3. Dapat menghasilkan beberapa efek menarik, seperti : glitters, glow in the dark, timbul, mengkilap/metalik, 3D, dan masih banyak lagi.
  4. Biaya cetak cukup terjangkau,
  5. Fleksibel bisa di aneka jenis permukaan bahan.

Demikianlah seputar tentang ulasan proses dalam penyablonan menurut Blazbluz yang perlu diketahui bagi peminat yang ungin berbisnis di dunia clothing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.