Sering Dengar Istilah Printer DTG?

Sering Dengar Istilah Printer DTG?

Istilah sablon pasti sudah lebih familiar di kalangan masyarakat. Secara umumnya, istilah sablon dapat dikatakan                 sebagai cara untuk mencetak gambar pada suatu media (kain, plastik, kertas dan lainnya) dengan menggunakan tinta/cat.

Pada artikel sebelumnya, telah kita jelaskan pengertian dari sablon manual. Maka sekarang kita bahas cara sablon dengan menggunakan mesin digital seperti DTG printer. Printer DTG yaitu singkatan dari Direct To Garment. DTG Printer adalah jenis teknologi dengan metode tinta langsung ke kain (Garmen) dengan melalui beberapa proses seperti proses pre-treatment dan proses heatpress sehingga hasilnya akan tercetak bagus. Karena tinta yang digunakan adalah jenis tinta khusus garmen, maka hasil print tidak akan luntur.

DTG printer ini merupakan jenis teknologi yang bisa digolongkan teknik baru untuk usaha percetakan kaos distro maupun cetak kaos 3d di Indonesia. Pada umumnya, printer jenis ini menggunakan head print dari printer Epson karena printer Epson memiliki jenis printhead printer yang lebih awet dan bagus untuk pencetakan gambar.

Printer garmen digital DTG menggunakan printer inkjet yang dimodifikasi dengan tinta garmen khusus diformulasikan untuk printer DTG. Berbeda dengan sablon yang dilakukan secara manual, hasil DTG tidak memerlukan pemisahan, film dan layar.

Keunggulan dari DTG Printer membuat para pengusaha T-shirt semakin gaya dan efektif. Karena seperti yang telah dijelaskan, Mesin Direct To Garment atau PRINTER DTG adalah mesin sablon dengan teknologi terbaru yang bisa mencetak gambar langsung ke atas kaos bahan katun dan bahan lain tanpa perlu transfer paper dan lainnya. Hasil cetakkan yang cerah, tajam serta awet meskipun dicuci beberapa kali. DTG Printer ini merupakan sebuah solusi untuk sablon kaos satuan dengan gambar sesuai yang diiginkan tanpa perlu ada batasan warna atau quantity lagi. DTG Printer ini sangat praktis dan efketif serta harganya lebih ekonomis.

DTG Printer ini merupakan isebuah inovasi baru, karena masih banyak konsumen yang belum mengetahui proses ini. Padahal DTG printer ini berfungsi dapat mencetak sendiri kaos dengan design sesuai keinginan kita. Maka jika semua orang mengetahui proses dari DTG printer ini maka tantangan terbesarnya adalah pemasaran produk.

Perbedaan-perbedaan yang dihasilkan dari DTG printer dan digital sablon biasa adalah

  1. Hasil print digital sablon biasa mudah luntur, apalagi bila diculi berkali-kali. Karena hasil dari print ini, pada saat proses mencetaknya tidak langsung ke kain, tetapi ditransfer pada paper terlebih dahulu. Setelah itu ditransfer ke paper tersebut di press ke kain/ kaos.
  2. Hasil print dengan DTG printer tidak luntur. Karena langsung di print permanen ke kain dan tidak akan rusak.

Lalu mengapa harus menggunakan DTG Printer? Selain beberapa keunggulan yang telah dijelaskan diatas, hasil print DTG juga memiliki kualitas terbaik. DTG Printer sudah banyak dipakai oleh vendor-vendor T-Shirt di luar negeri.

Waktu yang diperlukan dala pengerjaan atau proses kaos dari DTG print ini memerlukan waktu sekitar tiga sampai empat hari kerja, dan juga tergantung pesanan yang dipesan konsumen atau pelanggan. Misalkan saja, pada hari-hari tertentu seperti hari raya proses pengerjaan membutuhkan waktu yang lumayan memakan waktu yang lama, hal itu dikarenakan banyaknya orderan yang diterima serta stok kaos polos yang memang lebih sulit didapat pada hari-hari raya tertentu. Maka dari itu, para pelanggan bersiap untuk bersabar…

Leave a Reply

Your email address will not be published.