Ini Loh Bedanya Cotton Carded Dengan Cotton Combed!

Ini Loh Bedanya Cotton Carded Dengan Cotton Combed!

Ada banyak jenis kain yang digunakan  untuk pembuatan kaos salah satunya adalah Cotton Carded. Apakah yang dimaksud cotton carded itu? Kain cotton carded adalah  kain yang  dirajut dari benang-benang yang berbulu karena masih banyak mengandung serat-serat kapas yang pendek-pendek. Benang jenis ini mesin yang digunakan tidak ada mesin combingnya. Nama carded berasal dari nama mesin pemintalannya yakni mesin carding. Maka bahan jenis ini memiliki serat-serat bahan yang kurang halus.  Carded terbuat dari 100% kapas. Sebagian orang kadang susah membedakan antara combed dan carded karena kedua bahan ini hanya berbeda di permukaan yang berbulu, namun  sekarang banyak pula carded yang soft meskipun berbulu. Permukaannya cenderung berbulu dan tidak kaku karena biasanya tidak perlu proses finishing setelah proses pencelupanpun barang sudah bisa langsung di jual.

Sebenarnya cotton carded terbuat dari bahan katun yang sama seperti cotton combed. Namun bedanya, cotton carded tidak melalui proses penyisiran. Sehingga hasilnya, karateristik cotton carded ini tetap menyerap keringat, nyaman, tapi permukaannya lebih kasar dibandingkan dengan cotton combed.

Walaupun belum banyak orang yang mengetahui jenis kain atau jenis bahan kaos, namun telah banyak orang yang memakai pakaian yang tanpa sadar telah memakai dengan bahan-bahan tersebut. Bagi orang-orang yang sudah mengetahui jenis dari bahan kaos pun sering sulit untuk membedakan bahan kaos yang satu dan yang lainnya. Pentingnya untuk kita mengetahui bahan dari kaos karena dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan dapat lebih teliti dalam memilih produk kaos yang baik atau pun kepentingan bisnis.

Bahan Cotton Carded mempunyai beberapa jenis seperti : 20s,24s, dan banyak lainya berdasarkan jenis benang yang di gunakannya serta saat pembuatan dengan setting gramasi (gr/m2) di mesin rajutannya. Cotton carded biasanya dipakai untuk kaos dengan target pasar kelas menengah kebawah, dengan harga yang relatif terjangkau dibandingkan dengan bahan cotton combed yang jelas memiliki serat dan tekstur yang lebih bagus.

Jika ingin membeli kaos atau bahan kaos akan ada istilah Cotton Caded seperti ini 20s, 24s, 30s, atau 40s biasanya itu sama saja dengan bahan-bahan lain dari angka tersebut hanya menentukan ketebalan benang dari bahan tersebut dan kualitas rajutannya. Nah ini dia jenis-jenis dari bahan cotton carded.

  1. Cotton Carded 20s

Benang 20s ini biasanya digunakan apabila ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 180 sampai 220 Gr/m2 dan rajutan Single Knitt.

  1. Cotton Carded 24S

Benang 24s ini biasa digunakan apabila ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 170 sampai 210 Gr/m2 untuk rajutan Single Knitt.

  1. Cotton Carded 30S

Benang 30s ini biasa digunakan apabila ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 140 sampai 160 Gr/m2 untuk jenis rajutan Single Knitt atau Gramasi 210 sampai dengan 230 Gr/ m2 untuk rajutan Double Knitt. (Untuk 30s gramasi yang dicapai sebenarnya mulai dari 240-330).

  1. Cotton Carded 40 S

Benang 40s ini biasa digunakan apabila ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 110 sampai dengan 120 Gr/m2 untuk jenis rajutan Single Knitt atau Gramasi 180 sampai dengan 200 Gr /m2 untuk jenis rajutan Double Knitt.

 

Itulah perbedaan bahan kain cotton combed dengan kain cotton carded, keduanya dibedakan dari proses pembuatannya. Pada saat ini, orang-orang cenderung lebih menggunakan kain cotton combed daripada kain cotton carded. Sehingga cotton combed dijadikan standart pembuatan kaos-kaos berkualitas, seperti kaos-kaos distro yang sering banyak ditemui.

Leave a Reply

Your email address will not be published.