Sosial Media Untuk Bisnis? Kenapa Engga?!

Sosial Media Untuk Bisnis? Kenapa Engga?!

Di zaman sekarang di mana informasi sangat mudah dikonsumsi oleh semua kalangan didunia ini karena kehadiran jaringan internet. Beberapa sosial media mulai bermunculan sebagai bentuk dari interaksi namun di dunia maya yang bisa menghubungkan anda dengan orang-orang di seluruh dunia. Pasti anda sudah memiliki salah satu atau beberapa akun social media. Namun tahukah anda bahwa social media juga bisa membantu dalam kemajuan bisnis anda terutama jika anda sudah memiliki bisnis offline sebelumnya, namun bagi anda sebagai bisnis pemula juga akan bisa mendapatkan manfaat lewat social media. Pemasaran lewat sosial media lebih dikenal dengan sosial media marketing. Banyak sekali strategi yang bisa anda terapkan dalam strategi social media marketing yang bisa membuat kesuksesan dalam bisnis anda, berikut adalah strateginya:

  1. Media

Jenis-jenis sosial media memang banyak sekali namun jika tujuan anda adalah untuk berbisnis anda harus melakukan survey. Jenis sosial media manakah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat sehingga produk anda akan dengan mudah terlihat oleh lebih banyak orang. Indonesia adalah salah satu pengguna Facebook terbanyak di dunia dengan 79% akun aktif, banyak sekali bukan? Tentu ini bisa menjadi peluang bagi anda untuk memasarkan produk anda. Namun masih banyak lagi jenis sosial media yang bisa anda gunakan seperti Twitter, Instagram,  dll. Maka tentukanlah akan ada di mana anda mempromosikan produk anda.

  1. Target Market

Tentukanlah target market pemasaran anda, apakah konsumen produk anda adalah untuk anak-anak, remaja, pelajar, mahasiswa ataupun orangtua. Tentukan juga di daya beli masyarakat dimana anda ingin menjual produk anda apakah masyarakat menengah ke bawah ataukah masyarakat menengah ke atas. Hal ini akan juga di sesuaikan dengan jenis barang yang anda jual dan juga harga produk-produk anda.

  1. Konten yang Kreatif

Jangan hanya memasang konten tentang produk-produk anda, hal itu memang penting namun kadang konsumen juga akan merasa bosan. Postinglah konten-konten menarik contohnya seperti meme,  info yang bermanfaat,  ataupun berita ter hits. Namun ingat konten tersebut jangan terlalu panjang, pasanglah konten yang padat,  dan jelas sehingga para konsumen anda tidak malas untuk membacanya. Tentu saja sesuaikan konten anda dengan barang dan produk yang anda jual.

  1. Komunikasi dengan Konsumen

Ini adalah hal yang sepele namun ini bisa menjadi daya tarik yang paling ampuh untuk menarik lebih banyak konsumen anda. Bangunlah kepribadian seorang pebisnis yang supel,  ramah dan sopan tentunya. Selalu aktif untuk merespon segala komentar dan tenang jika memang anda harus mengatasi kritik dari konsumen anda. Jika konsumen anda sudah merasa nyaman dan senang berkomunikasi dengan anda, mereka mungkin juga akan membagikan pengalaman mereka berbelanja di toko anda kepada teman-temannya.

  1. Cari Waktu yang Tepat

Waktu posting konten anda di social media juga harus disesuaikan, sehingga konten yang anda bagikan tidak akan sia-sia karena tidak ada yang melihatnya. Menurut salah satu survey pengguna social media di Indonesia cenderung melihat akun mereka pada pukul 21:00 malam. Maka, postinglah 0-2 jam sebelumnya agar sasaran postingan anda terbaca dan tepat menuju sasaran para calon konsumen anda.

  1. Share Link-mu

Jangan kecewa jika pengikut misalnya Facebook Page anda sedikit, berusahalah untuk meningkatnya dengan cara men-share link fanpage anda di beberapa sosial media anda yang lain. Buatlah juga kata-kata yang membuat banyak orang penasaran untuk membuka link yang anda bagikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.