Ini Sejarah Kaos Yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Ini Sejarah Kaos Yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Juragan pernah penasaran ga kalo kaos itu asalnya gimana? Kaos itu apa sih? Kenapa bisa ada yang namanya kaos? Ok, satu-satu ya gan dijawabnya. Kaos adalah pakaian simple yang kini banyak digunakan oleh pria maupun wanita. Bahannya yang lembut dan mudah menyerap keringat membuat kaos populer dengan pakaian olahraga ataupun pakaian yang nyaman dipakai sehari-hari. Kini, berbagai jenis model kaos makin beragam, mulai dari yang berlengan panjang,  pendek dan juga berbagai macam corak dan warna. Kaos atau yang sering juga disebut dengan T-Shirt ini awalnya dipakai oleh para tentara Inggis dan Amerika di zaman dulu. Kaos pada zaman itu hanya memiliki satu warna yaitu putih dengan model menutupi keseluruhan dada, menutupi sebelah tangan dan menutupi perut.

Pakaian ini disebut dengan T-Shirt karena banyak orang beranggapan bahwa kaos berbentu huruf T, sehingga diberi nama demikian. Biasanya kaos dibuat dari bahan polyester dan katun ataupun keduanya. Bahan ini memang membuat kaos nyaman dipakai dalam keadaan dan cuaca apapun juga. Pada umumnya zaman dulu kaos digunakan untuk pakaian dalam, maka dari itu banyak orang yang masih beranggapan jika memakai kaos saja bisa dikatakan kurang sopan dan tidak beretika.

Kaos mulai dikenal setelah hadirnya sebuah film berjudul ‘A Streetcar Named Desire’ (1951), yang dibintangi oleh John Wayna, Marlon Brandon dan James Dean. Ketiga aktor barat itu memakai kaos itu dalam film tersebut,  para wanita mulai tergila-gila pada kaos yang dikenakan oleh Marlon Brandon. Pada saat itu kaos yang dikenal oleh banyak orang masih berwarna putih polos. Lalu Tenesse William di Broadway menciptakan kaos dengan warna, yaitu berwarna abu yang kemudian lansung populer dan terkenal di Masyarakat. Banyak media-media hiburan seperti televisi mulai memperkenalkan kaos berwarna. Mulai sejak saat itu hadir berbagai merek kaos dan merek fashion mulai memproduksi kaos seperti ADIDAS, Polo, NIKE dll.

Lalu bagaimana kaos bisa hadir ke Indonesia?

Awal mula kaos dikenal oleh orang Indonesia karena kedatangan Belanda. Mereka menggunakan pakaian tersebut,  namun saat itu hanya kalangan atas saja yang bisa mengenakannya. Saat itu perusahaan di Indonesia belum mampu untuk memperduksi kaos,  sehingga kaos masih tergolong barang yang mahal karena langka. Mulailah pada tahun 1970 Indonesia memperoduksi kaos. Kaos pertama yang diproduksi Indonesia masih polos dan berwarna putih,  berbahan halus dan tipis. Kaos merek Indonesia pada tahun ’70an seperti merek cabe rawit, swan, 77, kembang manggis dll.

Pada tahun ‘80an kaos mulai menguasai industri garmen dan konveksi di Indonesia. Banyaknya merek-merek kaos yang sudah memproduksi kaos dengan bahan cukup berkualitas dan model-model yang beragam mulai dari motif, pola dan ada juga yang bercorak budaya Indonesia. Tahun ‘90an di Indonesia mulai berdiri beberapa perusahaan besar yang memproduksi kaos dengan skala besar,  karena banyaknya permintaan akan pakaian ini. Tahun 2000an industri kaos berkembang semakin pesat, banyak usaha kecil yang kreatif menciptakan kaos dengan model dan menciptakan karya kaos sendiri dan mendesignnya sendiri. Pada tahun milenium ini mulai muncul banya distro atau “Distribution Outlet” yang mendistribusi atau menjual barang-barang unik hasil sendiri termasuk kaos.

Hingga kini pun deman fashion kaos tidak pernah pudar, bahkan kini hadir berbagai macam hasil karya kreatif dari fashion kaos dari mulai kualitas ataupun design grafis sederhana hingga yang menganggumkan. Kaos bukan hanya digunakan oleh anak muda namun orangtua dan anak-anak juga menyukainya.

Nah sekarang juragan sudah tahu ‘kan kenapa kaos ada di Negara Kita tercinta ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.